Selasa, 20 Januari 2009

AKSI LDM UIN SUNAN KALIJAGA UNTUK JALUR GAZA

Palestina adalah negeri para nabi dan rosul, yang menjadi tempat tinggal mereka dan menjadi medan da’wah bagi mereka untuk menyebarkan ajaran tauhid. Palestina merupakan negeri yang diberkahi oleh Allah SWT, menjadi tempat mi’rajnya rasulullah SAW dan merupakan tempat beradanya masjid al-aqsha yang menjadi kiblat pertama umat muslim.


Negeri suci itu kini menghadapi kondisi yang sangat memprihatinkan. Mulai dari penghancuran simbol-simbol islam, membunuh rakyat dan pejuang palestina secara membabi buta, membuat terowongan-terowongan di bawah masjid al-aqsha, pelarangan bagi umat muslim yang berumur di bawah 45 tahun untuk masuk ke masjid al-aqsha, dan pelanggaran-pelanggaran hak asasi manusia yang lainnya hingga blokade dan penghancuran atas jalur gaza yang terjadi akhir-akhir ini.


Blokade dan penyerangan yang terjadi saat ini setidaknya telah menzolimi sekitar 1,5 juta jiwa yang berada di jalur gaza. Kelaparan akibat tidak adanya suplai makanan yang memasuki perbatasan jalur gaza, kekeringan akibat keringgnya mata air-mata air, rumah sakit yang tidak beroperasi karena tidak adanya suplai listrik, dan masih banyak lagi kesengsaraan-kesengsaraan yang dialami oleh rakyat palestina akibat ulah zionis.


Melihat kezoliman tersebut bukan berarti tak ada hal yang bisa kita berikan atau kita lakukan. Dukungan moral, material maupun spiritual tetap mereka butuhkan. Misalnya dengan mendoakannya, memberikan pencerdasan hingga penggalangan dana. Sebab seakan menjadi pemandangan yang telah sering kita temukan,umat islam yang acuh dan tidak peduli padahal mengaku seiman.


Oleh karena itu, kami dari Lembaga Dakwah Masjid UIN Sunan Kalijaga yogyakarta mengadakan aksi penggalangan dana adalah bukti kongkrit yang kami bisa berikan dan bisa kami lakukan.


Berawal dari niat yang tulus, tekad yang bulat, dan keniscayaan pada apa yang telah, sedang, dan akan kami berikan untuk saudara-saudara kami di tanah suci. Sebuah argumentasi pembelaan akan hak-hak asasi manusia, kebebasan berakidah, dan saling membantu. Oleh karena itu, diperlukan suatu pemikiran cerdas yang dapat diberikan bagi perjuangan pembebasan Palestina. Paling tidak hanya ini hal terkecil yang dapat kami berikan untuk menyongsong kemerdekan dan penyelesaian penjajahan di Palestina.


Dengan tema solidaritas untuk rakyat palestina dari kalijaga hingga jalur gaza LDM UIN Sunan Kilijaga mengadakan serangkaian agenda yang di antaranya Konser Nasyid, Presentasi bedah kasus palestina, Pembacaan Puisi, dan Living quotient. Yang di rencanakan akan di laksanakan pada tanggal 17 januari 2009. Namun Allah berkehendak lain! Serangkaian agenda tersebut Gagal di karenakan perijinan kampus yang tidak mengizinkan.


Dengan niat yang tulus tidak mematahkan semangat kader LDM untuk membantu rakyat palestina. Akhirnya semua agenda di ganti dengan aksi turun kejalan penggalangan dana di pertigaan lampu merah UIN sunan kalijaga. Pada tanggal 17 januari 2009 dari pukul 08.00-10.00 WIB Dan terkumpul dana sebesar Rp. 3.167.700